Mahasiswa Psikologi Unimal Gelar Psikoedukasi di TK Nahawannur Aceh Utara

Mahasiswa Psikologi Unimal Gelar Psikoedukasi di TK Nahawannur Aceh Utara
Guru TK IT Nahawannur Aceh Utara mengikuti Psikoedukasi dari Mahasiswa Psikologi Unimal - Foto : Fardhan

ACEH UTARA - Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan  kegiatan Psikoedukasi bertema “Asesmen Dignostik Non Kognitif” di TK IT Nahawannur, Aceh Utara, Jum’at. (31/5/ 24)

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru untuk  melakukan asesmen awal sebelum memulai pembelajaran, yaitu dengan menggunakan asesmen  diagnostik non kognitif.
Psikolog yang juga dosen Program Studi Psikologi Dwi Iramadhani, S.Psi., M.Psi., Psikolog  yang menjadi pemateri dalam kegiatan itu memaparkan berbagai manfaat dan penggunaan asesmen  diagnostik non kognitif yang dapat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar. 

“Penggunaan asesmen diagnostik non kognitif ini digunakan kepada anak usia TK maupun SD,  karena untuk mengasesmen anak anak itu cukup tricky digunakan untuk mengetahui, apasih  permasalahan belajar yang terjadi pada anak” jelasnya. 

Di akhir sesi, lembar post-test dibagikan kepada peserta untuk mengetahui efektivitas kegiatan  dan mengukur pemahaman guru mengenai asesmen diagnostik non kognitif. 

Kartika Setiawati menyampaikan kegiatan ini bertujuan membantu guru untuk memahami dan  mengetahui permasalahan psikologis anak, kesiapan belajar, maupun gaya belajar sebelum  pembelajaran dimulai. 

“Kegiatan ini ditujukan kepada para guru untuk mengetahui permasalahan belajar awal sebelum  anak melakukan pembelajaran,” ujar kartika. 

Sementara itu, kepala Sekolah TK IT Nahawannur, Israwati, S.Pd mengungkapkan rasa terima  kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Ia menyebut materi yang Kegiatan psikoedukasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam  mengetahui permasalahan belajar anak di sekolah-sekolah, khusunya di TK IT Nahawannur. 

Dengan pengetahuan dan media yang tepat, guru-guru TK IT Nahawannur dapat memahami dan  mengetahu permasalahan belajar anak didiknya dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang  tepat dan nyaman bagi seluruh anak.

Psikoedukasi ini merupakan Project Class Mata Kuliah Psikologi Belajar yang diampu oleh Dwi Iramadhani, S.Psi., M.Psi., Psikolog, yang di inisiasi oleh para mahasiswa yaitu Fardhan Aprizal, M. Adrian John Nasution, Rizki Devias, Rosalina, Zahratul Hubba, Cut Khairun Nisa, Ade Ira Rahayu, dan Sucie Maisyuri. [*]