Mahasiswa Pencinta Alam Unimal Gelar Pelatihan Vertical Rescue Kepada Pramuka di SMKN 3 Lhokseumawe.

Mahasiswa Pencinta Alam Unimal Gelar Pelatihan Vertical Rescue Kepada Pramuka di  SMKN 3 Lhokseumawe.
Anggota Pramuka SMKN 3 Lhokseumawe mencoba teknik SRT dilanjutkan Mahasiswa Mapala Unimal dalam pelatihan Vertical Rescue, - Foto : dok. PA Umpal

LHOKSEUMAWE - Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Malikussaleh (UKM-PA UMPAL) menggelar pelatihan Vertical Rescue kepada siswa Pramuka SMKN 3 Lhokseumawe, Jumat (14/06/24). 

Di kesempatan yang sama mereka juga memperkenalkan kampus Unimal kepada para siswa. 

Selain  materi tentang Vertical Review dan informasi seputar kampus Unimal dari anggota UMPAL mereka juga terlibat dalam Game yang dirancang untuk dinamika kelompok.

Serunya lagi perserta mempraktekan SRT (Single Rope Technique) salah satu teknik pemanjatan menggunakan satu tali statis didampingi profesional dari Mapala Umpal.

Dilanjutkan dengan atraksi Rappeling atau Refling dari mahasiswa Mapala UMPAL yaitu teknik menuruni ketinggian dengan  tali  dari atas ke bawah. 

Ketua umum UKM PA UMPAL, Muhammad Luthfi Habil, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di sekolah ini merupakan program kerja  bidang diklat ristek, humas PA UMPAL  periode 2024-2025. 

“Pelatihan Vertical Rescue bertujuan untuk memberikan keterampilan dasar kepada siswa dalam teknik penyelamatan vertikal yang penting dalam situasi darurat Pelatihan ini dipandu oleh Anggota Mapala UMPAL Yang sebelumnya sudah mengambil pemantapan & sertifikasi vertical Rescue, yang memberikan pengetahuan praktis dan teori tentang teknik SRT di medan vertikal seperti gedung tinggi, tebing, dan lokasi lainnya" Ungkap Luthfi. 

Luthfi berharap para peserta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi serta dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih siap dan tanggap terhadap situasi darurat, serta membangun karakter siswa yang tangguh dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan. 

Kegiatan ini mendapat respon positif dari siswa Pramuka SMKN 3 Lhokseumawe, mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. 

" Kami jadi paham tentang kampus Unimal dan mendapat wawasan baru tentang penyelamatan, ini luar biasa" pungkas salah satu peserta. [*]