Mahasiswa KKN Universitas Samudra Langsa Gelar Bakti Sosial di Gampong Tanjong Haji

Mahasiswa KKN Universitas Samudra Langsa Gelar Bakti Sosial di Gampong Tanjong Haji
Foto : Mahasiswa Universitas Samudra Langsa melaksanakan KKN, 19/06/2024

ACEH UTARA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Samudra (Unsam) melakukan bakti sosial di Gampong Tanjong Haji Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara, Rabu, (19/6/2024).

Informasi yang diterima marjinal.id, kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk membersihkan saluran dan tempat ibadah.

"Ini bukan gotong royong biasa, ada pesan mitigasi bencana yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat" kata Darwin Seftiawan, Koordinator mahasiswa penggerak kegiatan bakti sosial.

Ditambahkan, tidak hanya selokan tapi pemukiman juga ikut dibersihkan.

"Para mahasiswa menggandeng pemuda dan warga setempat untuk ikut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih itu" ujarnya.

Darwin menjelaskan sekitar penghujung tahun 2023 akibat meluapnya Krueng Keuretoe dan Krueng Pirak Gampong Tanjong Haji Muda ikut direndam banjir dan 40 KK terpaksa mengungsi ke gedung Shelter pengungsian, 

"Bencana memang tidak dapat di hindari namun dapat di minimalisir dampaknya, salah satunya membersihkan lingkungan dan saluran air, paling tidak kalaupun terendam cepat surutnya" ungkap Darwin.

Menurutnya, sebagai bagian dari mitigasi bencana, kesadaran aksi sosial seperti ini perlu di bangun dalam masyarakat agar tahun ke tahun bencana yang sudah di prediksi bisa di perkecil dampaknya.

"Selain dari upaya mitigasi bencana, bakti sosial ini juga di maksudkan sebagai ajang silaturahmi mahasiswa dengan warga setempat" jelasnya.

Darwin menerangkan, selama sebulan terakhir ia bersama 9 mahasiswa lainnya yang tergabung dalam kelompok 6, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Samudra di Tanjong Haji Muda.

"Kegiatan bakti sosial untuk Mitigasi bencana ini adalah bagian dari program KKN" tutup Darwin. [Fohan Muzakir]