Manfaatkan Penggunaan Teknologi, Dosen Fakultas Teknik Unimal Gelar Pelatihan Desain Grafis

Manfaatkan Penggunaan Teknologi, Dosen Fakultas Teknik Unimal Gelar Pelatihan Desain Grafis

LHOKSEUMAWE - Sejumlah dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa pelatihan desain grafis sebagai upaya peningkatan daya jual produk maupun jasa di Gampong Banda Masen, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe pada Jum’at sampai Sabtu (29-30/09/23). Kegiatan ini berlangsung di aula meunasah gampong setempat dan diikuti oleh warga yang memiliki usaha serta perangkat gampong Banda Masen.

Dalam rilisnya, ketua kegiatan Zara Yunizar, S.Kom., M.Kom menjelaskan bahwa kegiatan yang  bertema ”Peningkatan Kreatifitas Penggunaan Software Untuk Peluang Usaha Mandiri Pemuda Desa Banda Masen Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Melalui Pelatihan Desain Grafis” ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kemampuan kreativitas para pemuda usia produktif dalam menciptakan peluang usaha mandiri salah satunya dengan kemampuan desain grafis.

”Sebagai output akhir nantinya diharapkan masyarakat dapat meningkatkan daya jual produk/jasa sebagai peluang usaha yang inovatif, kreatif dan berkelanjutan bukan hanya skala penjualan untuk lokal tetapi dapat meningkatkan potensi penjualan di luar daerah”,ujar Ketua Prodi Teknik Informatika.

Materi dalam kegiatan ini disampaikan langsung oleh dosen Teknik Informatika yang juga bertindak sebagai anggota PkM, Said Fadlan Anshari, S.Kom., M.Kom serta didampingi oleh Abdul Azis, mahasiswa Teknik Informatika. Said menyampaikan bahwa desain grafis sebenarnya sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual dengan memanfaatkan suatu gambar atau video sebagai media dalam penyampaian pesan. Lanjutnya, dengan memanfaatkan ilmu desain grafis, kegiatan jual-beli dapat menjadi lebih menarik dan sangat bisa dimanfaatkan untuk mendigitalisasi bisnis guna mencapai pasar online atau untuk meningkatkan ketertarikan calon konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Penyampaian materi secara langsung oleh Said Fadlan Anshari, S.Kom., M.Kom dan Abdul Azis dalam kegiatan pelatihan desain grafis bagi pelaku usaha di Gampong Banda Masen, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe Jum’at hingga Sabtu (29-30/09/2023)

”Desain grafis ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kapabilitas bisnis yang dimiliki, dengan harapan besar mampu meningkatkan penjualan serta keuntungan. Selain itu bisa memperlebar jangkauan pasar serta konsumen”, ucapnya.

Keuchik Gampong Banda Masen,Syahbuddin mengucapkan terimakasih kepada tim dari Universitas Malikussaleh yang telah hadir bersinergi dengan masyarakat sebagai langkah awal untuk meningkatkan potensi daya jual produk ataupun jasa yang ada di gampong tersebut dengan melaksanakan pelatihan ini. Ia mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga kemampuan masyarakat dalam memahami teknik atau prospek penjualan yang kreatif dan inovatif semakin meningkat.

Selain Zara Yunizar S.Kom.,M.Kom, Said Fadlan Anshari S.Kom., M.Kom, dan Dr Muhammad Daud, S.T., M.T, dosen Teknik lainnya yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Rizki Suwanda S.T., M.Kom dan Zalfie Ardian S.T., M.Eng. Dalam kesempatan ini turut dilakukan juga kegiatan penandatanganan kerja sama  antara Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh dengan Gampong Banda Masen, Kota Lhokseumawe.[R]