Wartawan Investigasi Nasional Dandhy Laksono bersama Lima Jurnalis Profesioanal Lainnya Isi Kelas Jurnalistik Ramadan AJI Lhokseumawe

Wartawan Investigasi Nasional Dandhy Laksono bersama Lima Jurnalis Profesioanal Lainnya Isi Kelas Jurnalistik Ramadan AJI Lhokseumawe
Foto : AJI Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE – Jurnalis Investigasi, Dandhy Dwi Laksono, dan lima jurnalis profesional lainnya akan mengisi Kelas Jurnalistik Ramadan 2023 yang diadakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe. Pelatihan jurnalistik ini akan berlangsung tiga hari, Senin sampai Rabu, 3-5 April 2023, di Gedung ACC Universitas Malikussaleh (Unimal) Kampus Uteunkot, Lhokseumawe.

Panitia Kelas Jurnalistik Ramadan (KJR), Rizkita, Ahad malam (2/4/2023), mengatakan Dandhy Dwi Laksono yang juga pendiri Watchdoc akan mengisi materi tentang Jurnalisme Investigasi dan Multitasking Journalist pada hari terakhir pelatihan, Rabu petang (5/4). Hari yang sama, jurnalis konde.co, Nani Afrida bakal memaparkan tentang Jurnalis Berperspektif Perempuan, Anak, dan Kaum Marjinal. "Kedua jurnalis senior itu akan mengisi pelatihan secara virtual," kata Rizkita.

Empat pemateri lainnya dari AJI Lhokseumawe, yakni Irmansyah (Jurnalis portalsatu.com/Ketua AJI Lhokseumawe), Jafaruddin (Jurnalis Serambi Indonesia/Sekretaris AJI Lhokseumawe), Masriadi Sambo (Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Aceh), dan Zikri Maulana (Jurnalis Kompas TV). Mereka akan mengisi materi tentang Straight News, Feature, Video Journalist, dan Keamanan Digital bagi Jurnalis pada Senin dan Selasa (3-4/4).

Rizkita menyebut lebih 90 mahasiswa, jurnalis muda, dan jurnalis warga telah mendaftar secara online untuk menjadi peserta KJR AJI Lhokseumawe. Para peserta berasal dari Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Bireuen, dan Kota Langsa. "Ada juga pendaftar dari luar Aceh, termasuk dari Jakarta, yang minta diberikan kesempatan ikut secara daring," ujar anggota AJI Lhokseumawe itu.

Menurut Rizkita, AJI Lhokseumawe juga akan menggelar nonton bareng film Silat Tani pada hari terakhir KJR ini. Silat Tani merupakan film dokumenter perdana dari tim Ekspedisi Indonesia Baru, yaitu  Dandhy Dwi Laksono, Farid Gaban, Yusuf Priambodo, dan Benaya Ryamizard Harobu, yang berkeliling Indonesia mengenderai sepeda motor, diawali dari Wonosobo, Jawa Tengah, 1 Juli 2022.

Ketua AJI Lhokseumawe Irmansyah mengatakan Kelas Jurnalistik Ramadan ini gratis. “Kita ingin berbagi pengetahuan sambil menjalankan ibadah puasa, dan juga berbuka puasa bersama dengan para peserta KJR ini,” ucapnya.(*)