13 Kelompok Tani di Lhokseumawe Dapat bantuan Alat dan Mesin Pertanian

13 Kelompok Tani di Lhokseumawe Dapat bantuan Alat dan Mesin Pertanian
Pj. Walikota Lhokseumawe menyerahkan traktor tangan kepada salah satu ketua kelompok tani - Foto : prokopim. Lsw

LHOKSEUMAWE – Pj. Walikota Lhokseumawe A. Hanan menyerahkan  bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 13 kelompok Tani di Lhokseumawe yang berlangsung Gampong Cot Trieng, Kecamatan Muara Satu, Rabu (12/6/24).

Adapun jenis bantuan alsintan berupa Hand Traktor jenis Singkal lima unit, Hand Traktor jenis Rotary lima unit dan Traktor roda empat sebanyak tiga unit.

" Ini adalah bantuan pemerintah pusat dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat, yang bersumber dari APBN Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2024" ungkap Hanan dalam sambutannya. 

Kepada petani Hanan berpesan agar bantuan ini dikelola dengan manajemen yang baik,dijaga dan dirawat,  operatornya juga harus memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi. 

Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) dan Camat Muara Satu diminta untuk melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap pemanfaatan alsintan yang telah diserahkan melalui 13 kelompok tani tersebut. 

Bantuan ini diharapkan dapat memberi motivasi untuk meningkatkan hasil pertanian dan menekan biaya yang harus dikeluarkan petani dalam menggarap lahan. 

"Bantuan ini juga bukan terbatas untuk dimanfaatkan oleh petani atau kelompok tani, masyarakat yang mempunyai lahan untuk dikelola sebagai lahan pertanian juga dapat memanfaatkannya" kata Hanan. 

Tersalurnya bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian ini menurut Hanan bentuk upaya serius Pemko Lhokseumawe dalam meningkatkan kesejahteraan para petani diwilayahnya, targetnya ada dampak yang baik dibidang pertanian.

Selain itu, disebutkan  bantuan alsintan ini realisasi  Undang-Undang nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan, yaitu dengan menyalurkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). Pemanfaatan alsintan akan mendukung upaya pemecahan masalah tenaga kerja disektor pertanian juga meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian.

Turut hadir saat penyerahan bantuan tersebut, Ketua TP PKK Lhokseumawe, Ketua DWP Lhokseumawe, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Lhokseumawe, Kepala DKPPP Kota Lhokseumawe, Camat Muara Satu, Danramil Muara Satu, Keuchik Gampong Cot Trieng dan Tokoh Masyarakat setempat. [*]