Kendalikan Inflasi Jelang Idul Adha Pemko Lhokseumawe Gelar Pasar Tani.

Kendalikan Inflasi Jelang Idul Adha Pemko Lhokseumawe Gelar Pasar Tani.
Pj. Walikota Lhokseumawe, A. Hanan berdialog dengan salah satu pelaku UMKM yang menggelar dagangannya di Pasar Tani, - Foto : Prokopim. Lsw

LHOKSEUMAWE - Jelang peringatan hari raya Idul Adha, Pemerintah Kota Lhokseumawe menggelar pasar tani di Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti,  Rabu (12/6/24). 

Lokasi ini di pilihan karena dinilai strategis untuk di jangkau warga kota Lhokseumawe. 

Menurut Pj. Walikota Lhokseumawe A. Hanan, Pasar Tani ini merupakan bagian dari strategi pemerintah kota dalam mengendalikan inflasi,  karena biasanya permintaan barang kebutuhan pokok biasanya meningkat tajam saat jelang hari besar seperti Idul Adha. 

Dengan tersedianya barang-barang pokok dan komoditi dengan harga terjangkau di Pasar Tani ini diharapkan dapat membantu menstabilkan harga. 

"Pasar Tani ini memberikan keuntungan ganda, baik bagi pembeli bisa membeli barang dengan harga murah dibanding harga pasaran, sementara bagi petani mendapatkan kesempatan untuk menjual hasil panen mereka secara langsung kepada konsumen tanpa melalui rantai distribusi yang panjang, tentu saja hal ini memungkinkan petani mendapatkan harga jual yang lebih baik dan pendapatan yang lebih tinggi" ungkap Hanan saat berkunjung ke lokasi. 

Barang yang tersedia di pasar tani berupa beras bersubsidi, gas elpiji murah, dan ada juga layanan penukaran uang dari Bank Aceh serta banyak produk kebutuhan lainnya. 

Hanan berharap bisa membantu meringankan beban ekonomi rumah tangga, terutama menjelang hari raya. Selain itu, ketersediaan barang yang cukup memastikan bahwa kebutuhan masyarakat terpenuhi tanpa harus khawatir akan kelangkaan barang. 

Dalam kesempatan tersebut, Hanan berinteraksi dengan para petani dan pedagang, serta berdialog dengan masyarakat mengenai kebutuhan sembako dan komoditi menjelang hari raya. 

Pasar tani digelar oleh Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian (DKPP) Kota Lhokseumawe tersebut disambut antusias oleh masyarakat, terutama kaum ibu, yang menyerbu untuk berbelanja kebutuhan pokok dan komoditi dengan harga terjangkau.

Kepala Dinas  DKPP Kota Lhokseumawe, Abdul Haris menyebutkan Pasar Tani menyediakan berbagai barang kebutuhan pokok seperti beras, telur, minyak goreng, serta komoditi lain seperti terong, cabe, bawang, tepung, dan sayur mayur. 

"Semua barang yang tersedia dapat ditebus oleh masyarakat dengan harga yang sangat murah dibanding dengan harga pasaran," ujarnya.
Ia juga memastikan bahwa stok barang telah dipersiapkan dengan cukup untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat menjelang Idul Adha.

Dikatakan, kegiatan Pasar Tani ini diupayakan akan terus berlangsung setiap hari Rabu sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dan komoditi rumah tangga. Selain kebutuhan pokok dan komoditi, Pasar Tani juga menawarkan madu asli serta berbagai jenis makanan dan minuman ringan yang merupakan produk UMKM.

Sekedar informasi, program pasar tani kota Lhokseumawe mendapat penghargaan serambi award tahun 2024, karena dinilai inovatif dan efektif mengendalikan inflasi di wilayah tersebut. [*]