Proyek Perusak Bumi, Alasan Project Willow Ditentang Aktivis Lingkungan.

Proyek Perusak Bumi,  Alasan Project Willow Ditentang Aktivis Lingkungan.
Khayranil Ula

Wilow akan menghasilkan sekitar 287 juta ton CO2 dan gas rumah kaca lainnya yang dapat merusak iklim dan juga atmosfer selama 30 tahun ke depan.

Joe Biden, presiden Amerika Serikat akhirnya menyetujui proyek  willow senilai 8 milyar dolar pada Senin, 13 Maret 2023. 

Ribuan para aktivis lingkungan yang menentang proyek ini mengecam tindakan persetujuan dari presiden Amerika Serikat, yang jelas-jelas berbanding terbalik dengan janji pemerintahan Biden yang akan menolak proyek yang merubah iklim dan merusak alam liar yang masih murni.

Banyak para netizen yang mencari apa sebenarnya Willow project, dan apa yang menyebabkan kontroversi para aktivis lingkungan pada proyek ini. 

Dilansir dari standard, Proyek Willow adalah proyek minyak dan gas terbesar selama beberapa dekade dari Conoco Philips.

Proyek ini menargetkan ekosistem Alaska yang sangat penting di bagian lereng utara, dengan mengebor cadangan minyak dan gas yang tersimpan disana. 

Kenapa mengundang kontroversi?
Conoco Philips, pemilik proyek ektrasi minyak dan gas ini berencana mengebor wilayah Alaska yang sudah diketahui menyimpan banyak ekosistem beragam dan penting.

Bukti menyebutkan  pengeboran itu akan menghasilkan sekitar 180.000  barel minyak dan gas yang sama dengan 1,5 persen dari keseluruhan produksi minyak negara AS. Sehingga proyek willow ini dinilai sebagai  salah satu ladang penghasilan minyak untuk negara AS dalam beberapa dekade.

Hasil yang menggiurkan ini sebanding dengan kerusakan lingkungan yang dihasilkan oleh proyek tak berhati ini, dimana akan menghasilkan sekitar 287 juta ton CO2 dan gas rumah kaca lainnya yang dapat merusak iklim dan juga atmosfer selama 30 tahun ke depan.

Adakah yang mendukung Project Willow?
Proyek willow ini mendapat dukungan politik yang bagus, beberapa diantaranya adalah Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Gubernur Republik, Mike Dunleavy dan beberapa anggota parlemen dari negara bagian.

Ikut serta presiden grup Voice of the Arctic Iñupiat, Nagrug Hagcarek yang para anggotanya adalah sebagian pemimpin dari sebgaina besar wilayah Alaska utara.

Mereka beralasan, proyek ini akan memberikan tunjangan finansial yang sangat mencukupi berupa pajak dan juga lapangan pekerjaan baru bagi para penduduk. 

Mereka juga berjanji akan berinvestasi dalam pembangunan Infrastruktur dan menyediakan jasa layanan publik didaerah tersebut.

Bukankah sudah seharusnya proyek Willow ini ditentang, mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh proyek besar ini. Sebagai insan yang tinggal di bumi, mari luangkan waktu sejenak untuk mengisi petisi stop Willow Project dibawah ini.

https://www.change.org/p/stop-the-willow-project-90614d72-92eb-414f-a9cd-c608cf247bbe/u/31358380

Penulis : Khayranil Ula
Mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Lhokseumawe.